CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 06 Januari 2009

10 istilah it

1.Alamat IP
Alamat IP (IP address atau Internet Protocol Address) adalah rangkaian angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer di Internet. Rangkaian angka tersebut terdiri dari angka yang dipisah dengan titik, sepert 202.032.123.113

2.Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

3. Bookmark
1. Dalam lingkungan Windows berarti memberi tanda pada hal tertentu untuk memudahkan saat pencarian.
2. Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di Internet.

4. Custom Domain
Custom Domain merupakan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog kita diblogger (blogspot).

5.CSS
CSS (Cascading Style Sheets) adalah cara yang memungkinkan pengembang mengendalikan gaya dan layout banyak halaman Web sekaligus. Sebelum ada CSS, pengubahan elemen yang terdapat pada banyak halaman Web harus dilakukan per halaman. CSS bekerja seperti halnya template, yang dapat dipilih oleh pengembang Web untuk diaplikasikan ke halaman-halaman Web yang diinginkan.
6.Chat
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.
7.Domain
Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan. Misalnya co.id untuk Indonesia. Sedangkan co atau com untuk lembaga komersial dan net untuk lembaga yang berhubungan dengan Internet
8.Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.
9.File System
Metode pemberian nama file dan cara menempatkannya ke dalam media penyimpan, termasuk penempatan file pada struktur direktori. Setiap sistem operasi memiliki metode yang berbeda-beda untuk menempatkan file dalam struktur hirarki.
10.layanan online
Layanan online (online service) adalah bisnis yang menyediakan beragam data yang ditransmisikan melalui saluran telekomunikasi kepada para penggunanya. Layanan online menyediakan insfratuktur yang dapat di gunakan para penggunanya untuk saling berkomunikasi ,mengirim data menerima pesan e -mail atau berpartisipasi pada forum yang tersedia. Di samping itu, layanan dapa menghubungkan pengguna dengan informasi lain yang disediakan pihak lain. Pengguna mendapatkan harga saham terbaru, berita-berita terhangat, serta artikel dari majalah atau jurnal. Semua informasi ini di sediakan dalam bentuk digital. Perbedaan antara layanan online dan BBS (bulletin board service) adalah pada layanan yang ditawarkan dan laba yang diharapkan oleh penyedianya. Layanan online menyediakan beragam informasi dan layanan, sedang BBS biasanya hanya berkonsentrasi pada layanan tertentu yang lebih terbatas. Di samping itu, BBS biasanya dioprasikan atas dasar nirlaba, sedang layanan online untuk mencari laba. Tiga layanan online terbesar yang ada saat ini adalah Amerika online, Compuserve dan MSN.

0 komentar: